Banner Berita Terkini

banner

(Foto: Tim Perlindungan Tanaman Perkebunan Disnakbun Pinrang Saat Memberikan Pemahaman Terhadap Petani)

Pinrang.- Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan dengan meningkatkan pengetahuan para Petani.

Dinas Peternakan dan Perkebunan melalui Tim perlindungan tanaman perkebunan membekali para petani agar dalam meningkatkan hasil produksi dengan cara menggunakan Pupuk Organik.

Selain mingkatkan hasil Produksi, pemberian pemahaman terhadap petani Oleh Tim dari Disnakbun Pinrang dengan menggelar Bimtek juga mengurangi residu Pestisida kimia pada tanaman.

Bimbingan Pembuatan Pestisida Nabati di Kelurahan Kassa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang pada Kamis, 25/04/2024, merupakan permintaan dari petani.

" Petugas lapangan ini sangat dibutuhkan oleh petani dalam hal pemanfaatan bahan - bahan organik alami dalam memelihara kebun kakaonya sehingga hasilnya memuaskan. " Ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan saat di Konfirmasi media Jum'at (26/04/2024).

Lebih lanjut Ia menuturkan akhir - akhir ini harga kakao meroket sehingga ini momen yang sangat bagus dalam mengedukasi petani untuk meningkatkan produksi dan kualitas sehingga kembalinya kejayaan kakao dapat kita capai.

" Saat ini harga Kakao di dikisaran Rp. 140.000/Per Kg Biji Kering dan masih berpotensi meningkat." Tutur Kadis.

Sementara itu, Sunardi, Koordinator petugas yang turun langsung kelapangan mengatakan dengan memanfaatkan bahan organik yang ada dikebun petani untuk memelihara kakao dapat menekan biaya produksi. 

" Bimbingan kali ini langsung dilaksanakan di kebun agar mereka lebih mudah memahami bahan - bahan organik apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pestisida nabati (pengendali hama dan penyakit) dan pupuk kompos, dengan memanfaatkan bahan tersebut selain mudah diperoleh dapat meningkatkan produksi dan kualitas kakao".

Disisi yang sama Ketua Kelompok Tani Sejahtera yang berlokasi Kelurahan Kassa, Kecamatan Batulappa Rusli menuturkan, " kami sangat bersyukur dengan kedatangan petugas dari Disnakbun karena ternyata apa yang diajarkan kepada kami sangat bermanfaat." 

" Mewakili Kelompok Tani Sejahtera saya Sangat berterima kasih dan bersyukur atas bimbingan langsung di Kebun karena sangat mudah di praktekkan dan bahanyapun mudah didapat serta tidak butuh biaya, " tutup Rusli

Lebih baru Lebih lama