Banner Berita Terkini

banner
Pinrang.Berita-Terkini.Net Untuk menyatukan beberapa keinginan yang berbeda dari para petani dalam satu hamparan atau wilayah yang sama sebelum turun sawah, maka perlu terlebih dahulu diadakan musyawarah bersama (Tudang Sipulung) dengan melibatkan beberapa Instansi terkait. 

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Tjalo Kerrang kepada petani saat membuka sekaligus memberikan arahan pada acara Tudang Sipulung yang dilaksanakan di aula kantor Camat Tiroang, hari ini Rabu (03/11/2021). 

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa selain untuk menentukan jadwal untuk buka dan tutup pintu air, kegiatan ini juga akan menetapkan jadwal tanam yang sekaligus menjadi posisi strategis dalam menentukan keberhasilan berusahatani. 

"Sebelum melakukan turun sawah berdasarkan jadwal yang telah kita sepakati bersama, sebaiknya para petani perlu melakukan pengendalian pra tanam utamanya terhadap hama tikus guna menekan serangan dan populasinya." lanjutnya 

"Di musim tanam Oktober - Maret yang akan kita hadapi ini, selain harus mengendalikan populasi tikus, kita juga perlu mewaspadai serangan hama wereng dan tungro karna kurangnya curah hujan pada musim tanam ini." 
Dipenghujung acara, Pemimpin yang dikenal merakyat dan banyak bergaul dengan petani ini meminta kepada para pelaku usahatani agar senantiasa berdoa sebelum bekerja, senantiasa meminta keselamatan kepada Allah agar usaha yang dilaksanakan ini menjadi berkah bagi dirinya, keluarga dan bagi orang banyak. 

Kegiatan pertemuan ini juga ikut dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan Distanhorti, M. Syukur, Camat Tiroang Ansar, PPK merangkap Kepala BPP Tiroang, Jamal, kepala UPTD PSDA Mallong Bassi, Danramil 1404-04 Alimuddin, Kapolsek Tiroang Gatot Yani, para lurah/kepala Desa se kecamatan Tiroang, seluruh Penyuluh Pertanian dan beberapa perwakilan petani dari Kecamatan Tiroang.
Lebih baru Lebih lama